Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Syarat Tambahan Kartu Prakerja 2021 yang Wajib Diketahui oleh Peserta Program Kartu Prakerja di Tahun 2021. Berikut Informasi Selengkapnya!

Syarat Tambahan Kartu Prakerja 2021 yang Wajib Diketahui oleh Peserta Program Kartu Prakerja di Tahun 2021

Penulis : Calon Pekerja | Editor : Admin Publisher

Jurnaliskompas.com | SYARAT TAMBAHAN KARTU PRAKERJA 2021 YANG WAJIB DIKETAHUI - Program kartu prakerja merupakan salah satu program pemerintah yang telah berhasil mencuri perhatian besar di Tahun 2020 untuk semua kalangan pekerja, baik calon peketja yang baru lulus di bangku SMA hingga pekerja yang telah lama bekerja namun terpaksa berhenti bekerja di karenakan kondisi pandemi covid-19 yang saat ini masih terasa dampaknya bagi semua masyarakat di seluruh Tanah Air Nusantara.


Pemerintah melalui Bapak Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan dan memastikan Program Kartu Prakerja resmi akan kembali di buka pada Tahun 2021 mendatang.

Seperti yang kita ketahui bersama, sampai saat ini program kartu prakerja telah digelar sebanyak 11 gelombang untuk anggaran tahun 2020.

Dari banyaknya gelombang yang telah dilaksanakan tersebut terhitung sebanyak 5,9 juta orang yang telah mendapatkan manfaat program kartu prakerja. Sedangkan jumlah peserta yang terdaftar pada gelombang pertama hingga gelombang sebelas tercatat sebanyak 42 juta orang pendaftar.

Program Kartu Prakerja di Tahun 2020 ini di fokuskan untuk meningkatkan kualitas SDM. Akan tetapi dalam pelaksanaannya fokus tersebut berubah menjadi semi bantuan sosial dalam rangka mempercepat penanganan wabah pandemi Covid-19 melalui anggaran insentif yang diberikan.

Di Tahun 2020 Program Kartu Prakerja dilaksanakan dengan anggaran dana sebesar 20 Triliun rupiah sedangkan untuk Tahun 2021 dipersiapkan anggaran sebesar 10 Triliun rupiah sesuai dengan nilai anggaran perencanaan Tahun 2021.

Perihal ini di sampaikan secara resmi oleh Bapak Airlangga Hartarto, beliau menyampaikan bahwa "Tahun depan kita akan kembali ke dana 10 Triliun rupiah karena dana program bantun pemerintah tidak terkalahkan doleh situasi harapannya", karena pandemi ini akan semakin turun" tambah beliau (Selasa,15/12/2020).

Dilain pihak juga di sampaikan oleh Ibu Denni Puspa Purbasari selaku Direktur Eksekutif Manakemen Pelaksana Kartu Prakerja, beliau menyampaikan bahwa " Penerima program kartu prakerja hanya akan memiliki kesempatan satu kali. Dengan demikian, Jika tahun 2020 ini kita telah menerima manfaat program kartu prakerja, maka di Tahun 2021 tidak akan lagi menerima manfaat tersebut. Tujuannya adalah agar terjadi pemerataan terhadap penerima manfaat program kartu prakerja.

Salah satu tujuan pemerataan pemberian manfaat ini merupakan Syarat tambaham kartu prakerja 2021 yang wajib diketahui oleh peserta program kartu prakerja agar peserta yang telah menerima manfaat program kartu prakerja di tahun 2020 tidak lagi mengharapkan untuk mengikuti program kartu prakerja di tahun 2021 mendatang.

Selain syarat tambahan kartu prakerja 2021 yang wajib diketahui oleh peserta program kartu prakerja di Tahun 2021 mendatang, perlu diketahui juga syarat untuk mendaftar program kartu prakerja di Tahun 2021 terbaru yang telah kami rangkum agar dapat di manfaatkan oleh peserta yang masih belum menerima manfaat dari program kartu prakerja di Tahun 2020 kemarin.

Berikut syarat program kartu prakerja terbaru di Tahun 2021.

Dilansir dari pasal 2 Permenko Nomor 11 Tahun 2020, bahwa program kartu prakerja akan diberikan kepada para peserta pencari kerja yang memenuhi persyaratan sebagai berikut.

SYARAT WAJIB PROGRAM KARTU PRAKERJA TAHUN 2021

1. Pertama, program kartu prakerja dapat diberikan kepada pekerja maupun buruh yang menerima PHK oleh pihak perusahaan ataupun instansi tempat mereka bekerja

2. Kedua, program kartu prakerja dapat juga diberikan kepada pekerja maupun buruh yang masih mau meningkatkan kompetensi kerja, termasuk para pekerja maupun buruh yang saat ini tengah dirumahkan, para pekerja bukan buruh seperti pelaku usaha mikro atau pelaku usaha kecil.

3. Persyaratan lainnya yakni merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk.

4. Usia Minimal untuk dapat menerima manfaat program kartu prakerja 2021 adalah 18 Tahun

5. Tidak sedang melaksanakan pendidikan formal seperti sekolah ataupun kuliah.

6. Bukan merupakan anggota Pejabat Negara, Pimpinan maupun anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, bukan merupakan Aparatur Sipil Negara, bukan Prajurit TNI maupun Kepolisian, bukan Sebagai Kepala Desa maupun Aparatur Desa, serta bukan menjabat sebagai Direksi, Komisaris, hingga Pengawas pada lembaga BUMN maupun BUMD.

Kumpulan Beberapa Tahapan Agar Berhasil Mengikuti Program Kartu Prakerja Tahun 2021!

  • Tips dan Trik Sukses Lolos Program Kartu Prakerja Tahun 2021 Terbaru! Pelajari Disini!
  • Kisi-kisi Sukses Tes Program Kartu Prakerja Tahun 2021 Terbaru! Pelajari Disini!
  • Indikator Keberhasilan yang Wajib Diketahui oleh Peserta Program Kartu Prakerja Tahun 2021 Terbaru! Pelajari Disini!
  • Tahapan Penting untuk Lolos 100% Program Kartu Prakerja Tahun 2021 Terbaru! Pelajari Disini!
  • Tips dan Trik Terbaik untuk Perbaiki Rekening Program Kartu Prakerja Tahun 2021 Terbaru! Pelajari Disini!
  • Solusi Terbaik Permasalahan Pencairan Insentif lebih Cepat Program Kartu Prakerja Tahun 2021 Terbaru! Pelajari Disini!

Demikian beberapa Syarat Tambahan Kartu Prakerja 2021 yang Wajib diketahui oleh Peserta Program Kartu Prakerja agar di Tahun 2021 mendatang dapat berhasil menerima manfaat program kartu prakerja sesuai dengan harapan. Jika informasi ini bermanfaat bantu kami menyampaikan manfaat tersebut kepada orang banyak dengan membagikan informasi ini melalui media sosial yang tersedia.

Info Kartu Prakerja
Admin Publisher
Admin Publisher
Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini