Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Persyaratan Seleksi Tes CPNS untuk Formasi Tahun 2021 yang Wajib diketahui Calon Peserta Seleksi

Berikut ini beberapa persyaratan umum dan khusus yang wajib diketahui oleh calon peserta seleksi tes CPNS di tahun 2021.
Penulis : Guru Jurnalis | Editor : Admin

Jurnaliskompas.com | PERSYARATAN SELEKSI TES CPNS UNTUK FORMASI TAHUN 2021 - Proses seleksi tes CPNS formasi tahun 2019 kini telah memasuki tahap final, dimana tahapan akhir pemberkasan dilakukan secara online oleh masing-masing peserta pada tiap-tiap daerah.
Dilansir dari jurnaliskompas.com diketahui perencanaan dibukanya kembali seleksi tes CPNS di tahun 2021 mendapatkan tanggapan positif dari berbagai kalangan, baik yang belum pernah mengikuti seleksi tes CPNS sebelumnya hingga peserta yang telah mengalami kegagalan beberapa kali saat mengikuti seleksi tes CPNS di beberapa tahun terakhir.

Adapun untuk pembukaan seleksi tes CPNS formasi 2021 diperkirakan mulai dipersiapkan antara bulan Februari hingga April Tahun 2021 mendatang setelah panselnas menyelesaikan tugas di tahun 2020 ini terkait pemberkasan hingga penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) Calon Pegawai Negeri Sipil formasi 2019 kemarin.

Sebelum pelaksanaan seleksi tes CPNS untuk formasi tahun 2021 di buka secara resmi untuk itu perlu diketahui beberapa persyaratan umum yang perlu dipersiapkan para calon peserta seleksi tes untuk formasi tahun 2021.


Berikut ini kami sampaikan Persyaratan Umum Seleksi Tes CPNS untuk Formasi Tahun 2021 yang Wajib diketahui Calon Peserta Seleksi.

PERSYARATAN UMUM SELEKSI TES CPNS TAHUN 2021

1. Syarat yang pertama yakni calon peserta merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan data kepemilikan Kartu Tanda Penduduk serta telah terdaftar pada data sensus penduduk dengan syarat usia minimal saat mengikuti seleksi adalah 18 (delapan belas) tahun dan usia maksimal adalah 35 (tiga puluh lima) tahun melalui formasi umum bukan jalur PPPK.

2. Syarat kedua yang harus diperhatikan yakni calon peserta tidak pernah melakukan tindak pidana juga kejahatan yang telah diputuskan melalui putusan hukum yang berlaku.

3. Syarat ketiga yakni bukan merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan juga bukan merupakan anggota TNI/POLRI.

4. Syarat ke empat yakni tidak pernah diberhentikan secara terhormatbmaupun tidak terhormat sebagai PNS/TNI/POLRI maupun pegawai swasta.

5. Syarat ke lima yakni bukan anggota partai politik maupun pengurus partai politik yang dibuktikan melalui Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

6. Syarat ke enam yakni calon peserta harus memiliki kualifikasi pendidikan sesuai formasi yang dilamar.

7. Syarat ke tujuh yakni calon peserta harus bersedia dan siap ditempatkan diseluruh eilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

8. Syarat berikutnya yakni beberapa persyaratan yang akan diberikan oleh instansi terkait menyesuaikan kebutuhan instansi tersebut. 

Baca Juga : Lulusan PPPK untuk Honorer di Tahun 2021 Akan diberikan Gaji Lebih Besar Dari PNS. Cek Info Selengkapnya Disini!

Selain beberapa Persyaratan Umum Seleksi Tes CPNS untuk Formasi Tahun 2021 yang Wajib diketahui Calon Peserta Seleksi terdapat pula beberapa persyaratan khusus yang sangat perlu dipersiapkan agar proses seleksi berkas administrasi akan dengan mudah dilewati ketika mengikuti Seleksi Tes CPNS untuk Formasi Tahun 2021 mendatang.

PERSYARATAN KHUSUS SELEKSI TES CPNS TAHUN 2021

1. Pertama yang harus dipersiapkan adalah Surat lamaran yang diketik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara.

2. Kedua yang perlu dipersiapkan adalah Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Persiapkan juga Pas Foto dengan background merah dan swafoto setelah melakukan pendaftaran secara online.

3. Ketiga yang tak kalah penting adalah Scan Ijazah sesuai formasi yang dibutuhkan beserta transkrip nilai.

4. Keempat adalah surat pernyataan dan surat keterangan disabilitas bagi yang memiliki keterbatasan (cacat fisik dan mental).

5. Terakhir adalah beberapa dokumen penting yang menjadi dokumen pendukung sesuai kebutuhan formasi pada instansi pusat maupun daerah tertentu.


Demikian informasi terkait Persyaratan Seleksi Tes CPNS untuk Formasi Tahun 2021 yang Wajib diketahui Calon Peserta Seleksi dan tidak boleh terlewatkan karena kegagalan pada saat seleksi administrasi saat mengikuti seleksi tes CPNS merupakan perihal yang lumrah terjadi, untuk itu jangan sampai kita menjadi calon peserta yang akan mengalami hal demikian di Tahun 2021 mendatang. Semoga informasi ini dapat membantu sahabat semua dalam mempersiapkan diri untuk lebih baik lagi di Tahun 2021 untuk mengikuti seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil.
Info CPNS Info PPPK
Admin
Admin
Media Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini