Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Langkah Mudah Dapatkan Akun Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Berikut ini Beberapa Langkah Mudah untuk Mendapatkan Akun Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Penulis : Guru Jurnalis | Editor : Admin Publisher


Jurnaliskompas.com | LANGKAH MUDAH DAPATKAN AKUN GURU BELAJAR SERI MASA PANDEMI COVID-19 - Guru Belajar merupakan salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru, mengevaluasi serta mengembangkan diri dengan cara mandiri dan berkelanjutan. 

Pembelajaran untuk Program Guru Belajar adalah upaya mendorong melakukan perbaikan dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Program Guru Belajar yang akan dapat diikuti setelah Seri Pandemi Covid-19, Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH), dan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yakni
Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif.
Menjadi bagian dari peserta yang bersemangat untuk terus mengembangkan diri salah satu bentuk partisipasi yang diharapkan oleh dunia pendidikan saat ini, untuk mendapatkan informasinya dapat mengunjungi laman resmi Guru Belajar di https://gurubelajar.kemdikbud.go.id .


Pemerintah bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) telah meluncurkan Program “Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19”, pada hari Selasa 29 September 2020. Bapak Iwan Syahril selaku Direktorat Jenderal GTK mengatakan, bahwa "sebanyak lima puluh tiga koma lima lima persen para guru diketahui masih kesulitan dalam manajemen kelas selama Pembelajaran Jarak Jauh. Dan sekitar empat puluh sembilan koma dua empat persen para guru juga kesulitan dalam melakukan asesmen pembelajaran selama Pembelajaran Jarak Jauh. Selain itu sekitar empat puluh delapan koma empat lima persen para guru juga diketahui kesulitan dalam menggunakan teknologi pembelajaran selama Pembelajaran Jarak Jauh."


Program Pemerintah melalui Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 menjadi bentuk respon oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka memberikan jawaban dari beberapa permasalahan para guru dalam melakukan Pembelajaran Jarak Jauh selama masa pandemi Covid-19. 

Dalam perihal ini para guru diberikan kebebasan untuk dapat mengatur sendiri waktu belajar menyesuaikan kesibukan masing-masing yang tengah dilakukan. Selain itu, para guru juga bisa belajar bersama dengan rekan guru yang lain untuk menyelesaikan semua tahapan dari Program Guru Belajar Seri Pandemi Covid-19.

Dilansir dari laman resmi Guru Belajar, ada beberapa jadwal pelaksanaan program Berdasarkan tahapannya: 
  • Tahap 0 yakni Orientasi program untuk memberikan bekal kepada peserta dengan latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19.
  • Tahap 1 yakni Bimtek. Pembelajaran peserta dengan konsep Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa, Kurikulum Kondisi Khusus, Asesmen Diagnosis, Asesmen Diagnosis Berkala, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Media, Teknologi dan Sumber Belajar. 
  • Tahap 2 yakni Diklat. Pelatihan yang memberi kesempatan peserta mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak jauh pembelajaran jarak jauh, merancang dan menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh, mengunggah tulisan praktik baik Pembelajaran Jarak Jauh, melakukan penilaian diri terhadap tulisan praktik baik Pembelajaran Jarak Jauh. 
  • Tahap 3 yakni Pengimbasan yang mengundang peserta untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 melalui kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru.
Menyikapi perihal tersebut diperlukan akun Guru Belajar yang akan digunakan dalam mengikuti proses tahapan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19.

Berikut ini kami berikan beberapa Langkah Mudah Dapatkan Akun Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 dengan cara Download file CSV Akun Guru Belajar Masa Seri Pandemi Covid-19.
  1. Langkah pertama kunjung laman resmi untuk memperoleh akun Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 di https://pd.data.kemdikbud.go.id .
  2. Langkah kedua setelah mengunjungi laman tersebut gunakan akun SDM PDSP kemdikbud yang dapat di tanyakan kepada operator sekolah atau dapat meminta bantuan kepada operator sekolah untuk mendapatkan akun pertama Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19. 
  3. Langkah selanjutnya gunakan akun tersebut untuk login dan mengunduh file akun admin Guru Belajar, akun Guru Belajar, hingga akun Peserta Didik untuk melakukan pembelajaran jarak jauh pada seri masa pandemi covid-19.
  4. Setelah berhasil login kita dapat mengunduh file csv akun Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 seperti pada tampilan berikut ini.
  5. Setelah file csv di dapatkan akun dan pasword yang tertera di dalam file tersebut kepada kepala sekolah, dewan guru juga kepada peserta didik di lembaga satuan pendidikan di sekolah.
  6. Langkah terakhir tinggal mengaktifkan akun tersebut melalui laman https://mail.google.com .
  7. Lakukan penggantian user dan pasword agar hanya kita yang dapat mengetahui user dan password Akun Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19.
  8. Setelah semua selesai dilakukan maka kita dapat menggunakan Akun Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 dengan mudah.

Demikian informasi terbaru yang dapat kami berikan terkait Langkah Mudah Dapatkan Akun Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat dan dapat di ikuti dengan baik oleh seluruh yang membutuhkan informasi ini.

Dunia Pendidikan Info Pendidikan
Admin Publisher
Admin Publisher
Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini