Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja dengan mudah bagi lulusan SLTA sederajat dan bagi masyarakat tidak bekerja maupun yang saat ini di PHK

Galau mencari Pekerjaan? Pengen lebih kompeten dari saat ini? Mau mengembangkan diri tapi pusing mikirin biaya? Inilah solusinya bekali diri anda dengan kartu prakerja.
Penulis : Calon Pekerja | Editor : Admin

Galau cari kerja? Pengen lebih kompeten dari saat ini? Mau mengembangkan diri tapi pusing mikirin biaya? Inilah solusinya bekali diri anda dengan kartu prakerja. 

Jurnaliskompas.com | CARA MENDAPATKAN KARTU PRAKERJA DENGAN MUDAH BAGI LULUSAN SLTA SEDERAJAT DAN BAGI MASYARAKAT TIDAK BEKERJA MAUPUN YANG SAAT INI DI PHK - Pada hari rabu tanggal 08 April 2020 kemaren beredar kabar bahwa pemerintah melalui Askolani Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan dalam teleconference. Beliau menyampaikan "perencanaan launching kartu prakerja akan diluncurkan kamis, 09 April 2020. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut dapat mendaftarkan diri di situs prakerja.go.id". Namun hal tersebut tidak berjalan sesuai rencana awal karena faktanya program kartu prakerja resmi dibuka pada tanggal 11 April 2020 ini.

Kartu Prakerja yang dapat di akses melalui website resmi prakerja merupakan program yang dilakukan oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo yang merupakan bagian dari bantuan pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya sehingga skill dan kemampuan masyarakat para pencari kerja sesuai dengan kebutuhan industri.

Adapun sasaran dari kartu prakerja ini tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan akan tetapi juga buruh, karyawan dan pegawai yang telah di PHK dari pekerjaan. secara umum kartu prakerja dipersiapkan untuk seluruh warga masyarakat Indonesia yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 45 tahun, karena dalam rentang usia inilah warga masyarakat dinilai masih produktif untuk melakukan pekerjaan dalam bidang-bidang tertentu sesuai skill yang dimiliki. Namun prioritas utama tetap berada pada para pencari kerja usia muda.

Bagi mereka yang berhasil mengikuti program kartu prakerja akan diberikan pendidikan dan pelatihan sehingga setelah lulus akan diberikat sertifikat sesuai kompetensi masing-masing peserta.
Peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan diberikan insentif sebesar Rp. 3.550.000 per orang, meliputi Rp. 1.000.000 untuk kegiatan pelatihan, Rp. 600.000 selama 4 bulan untuk insentif pelatihan, dan Rp. 150.000 insentif survei kebekerjaan yang dilakukan sebanyak 3 kali.


Tahapan proses dengan sungguh-sungguh tidak akan mengkhianati hasil

Berikut ini cara melakukan pendaftaran untuk mendapatkan kartu prakerja yang dapat di akses melalui situs resmi prakerja :

1. Persiapkan email sebelum melakukan pendaftaran karena akon email merupakan salah satu syarat untuk proses mendapatkan kode verifikasi yang dikirmkan melalui situs resmi prakerja nantinya.

2. Daftarkan akon pribadi anda di situs resmi prakerja menggunakan email yang telah dibuat sebelumnya. selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel.

3. Langkah berikutnya masuk menggunakan akon yang telah dibuat dan klik daftar kartu prakerja dan isikan formulir pendaftaran.

4. Berikutnya anda akan mengikuti serangkaian tes kemampuan dasar.

5. Peserta yang dinyatakan lulus nantinya akan dihubungi dan dapat memilih pelatihan yangan diminati.


Solusi yang diberikan program kartu prakerja adalah :

1. Program kartu prakerja dapat membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja maupun perusahaan.

2. Program kartu prakerja mampu mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pendidikan dan pelatihan.

3. Program kartu prakerja dapat mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch.

4. Program kartu prakerja mampu menjadi komplemen dari pendidikan formal.

Program ini didesain sebagai produk dan dikemas sedemikian rupa untuk dapat memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai juga kepada sektor swasta. Jalur digital melalui marketplace dipilih untuk mempermudah pengguna mencari, membanding, memilih, dan memberi penilaian melalui evaluasi. karena dengan demikian, produk dapat terus dibenahi, tumbuh, dan memiliki tingkat relevansi yang baik. Mengajak pelaku usaha swasta, program ini merupakan perwujudan kerjasama pemerintah dan swasta dalam hal pelayanan publik terhadap masyarakat secara gotong-royong demi mewujudkan visi pemerintah yakni SDM Unggul Indonesia Maju.
Info Kartu Prakerja Teknologi Masa Kini
Admin
Admin
Media Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini