Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru!

Berikut ini merupakan Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Terbaru! Tahun 2021
Penulis : Calon Pegawai | Editor : Admin Publisher

Jurnaliskompas.Com | Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru! - Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan setidaknya kurang lebih tersisa beberapa hari lagi seleksi CPNS 2021 akan dibuka di awal bulan Mei hingga Juni 2021 mendatang. Perlunya persiapan yang lebih dini agar banyak waktu dan kesempatan yang dimiliki untuk mencapai keberhasilan. Untuk itu kami hadir memberikan Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru! yang dapat dipelajari baik melalui offline file pdf maupun penerapan langsung Tes CAT Secara Online melalui Simulasi CAT BKN atau Simulasi CAT Bank Soal CPNS Tahun 2021.

Berikut ini disampaikan Kisi - kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru! untuk persiapan menghadapi Seleksi Tes CPNS 2021.

Soal CAT CPNS Tes Wawasan Kebangsaan merupakan bagian dari Tes Kompetensi Dasar yang akan diujikan bagi para peserta seleksi cpns untuk menilai peserta cpns dalam penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi :
  • Nasionalisme, dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.
  • Integritas, dengan tujuan mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan.
  • Bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
  • Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.
  • Bahasa Indonesia, dengan tujuan mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Untuk lebih memantapkan pemahaman terhadap Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru! kami sediakan Soal dan Pembahasan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dapat digunakan sebagai bahan latihan untuk di terapkan dalam Simulasi CAT Bank Soal CPNS 2021.

Berikut Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru! :

1. Penulisan partikel pun yang tepat di bawah ini adalah?
A. Jangankan berdua, bertigapun aku tidak takut pada mereka
B. Karena rasa laparnya, makanan apapun juga akan dimakannya
C. Serupiahpun tidak lagi tersisa di saku celananya
D. Biarpun sendirian, ia nekat berangkat juga
E. Sekalipun ia belum pernah mengunjungi rumah orang tuanya

2. Akibat hujan lebat yang terjadi terus menerus menyebabkan jembatan penghubung suatu desa terputus. Padahal jembatan tersebut merupakan jalur transportasi utama warga di desa tersebut. Karena hal tersebut, masyarakat di desa segera melakukan gotong royong untuk membangun jembatan sementara agar tetap dapat melakukan aktivitasnya. Kegiatan yang dilakukan warga desa tersebut merupakan contoh pengamalan Pancasila sila ke?
A. 5
B. 2
C. 1
D. 3
E. 4

3. Taktik perang gerilya (wehkreise) yangditerapkan Tentara Republik Indonesia ternyata sangat merepotkan pasukanBelanda untuk menghadapinya. Salahsatu ciri perang gerilya yang diterapkanTentara Republik Indonesia adalah ?.
A. melakukan penyerbuan langsung jika kekuatan musuh dinilai lemah
B. menghindari perang di kota-kota
C. melakukan strategi bumi hangus agar fasilitas dan sarana vital yang tersedia tidak dikuasai musuh
D. menghindari perang secara terbuka
E. menyerang musuh dari tempat tersembunyi

4. Pada suatu ketika, rekan kerja Fandi yang bernama Ahmad menitipkan beberapa dokumen penting yang harus dibawa untuk presentasi minggu depan. Pada hari itu Ahmad akancuti beberapa hari. Sebelum menitipkannya, Ahmad berpesan bahwa dokumen tersebut sangat rahasia karena berisi tentang data-data kantor. Jika Fandi adalah seorang yang berintegritas tinggi, maka sikap integritas yang harus dilakukan adalah?
A. Tetap menjaga dokumen-dokumen penting tersebut dan tidak membukanya sama sekali
B. Membuka dan membaca sekilas isi dokumen tersebut tanpa memberitahu siapapun
C. Karena hanya Fandi dan Ahmad yang tahu, Fandi membuka file tersebut dengan sangat berhati-hati
D. Langsung membuka dokumen tersebut dan membocorkan kerahasiaannya kepada teman kantor yang lain
E. Tidak membukanya kecuali Fandi merasa sangat ingin tahu tentang isi dokumen tersebut

5. Fahri merupakan seorang CPNS yang baru saja diterima di sebuah Kementerian yang berkantor di Jakarta. Kantor Fahri kebetulan berada di pusat kota dan tidak jauh letaknya dari sebuah mall yang cukup besar. Ia dan teman-temannya sering makan siang di mall tersebut pada jam istirahat, namun seringkali ia masih makan di mall tersebut padahal jam istirahat sudah selesai, karena antrian yang sangat panjang untuk makan di mal tersebut. Meskipun demikian, selama ini Fahri dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan tuntas. Nilai integritas yang dilanggar oleh Fahri adalah?
A. Keberanian
B. Tanggung jawab
C. Kejujuran
D. Konsisten
E. Keteguhan

Berikut ini file Kunci dan Pembahasan Lengkap Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru! dalam bentuk format pdf yang dapat secara langsung di akses dibawah ini.

Untuk Mendapatkan Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru!  Selengkapnya Dapat di DOWNLOAD GRATIS DISINI !!!

Jika sudah dirasa cukup menguasai materi Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru! Silahkan ikuti Tes CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN) DISINI! atau Bank Soal CPNS 2021 DISINI!

Demikian Informasi CPNS terkait Kisi-Kisi Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) CPNS Tahun 2021 Terbaru! yang dapat kami bagikan.  Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa ikuti perkembangan website ini untuk mendapatkan Informasi Aktual Berbagi Berita Seputar Pendidikan, Sosial Ekonomi, hingga Teknologi.
Info CPNS SKD CPNS
Admin Publisher
Admin Publisher
Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini