Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Kisi-Kisi Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Tahun 2021 Terbaru!

Berikut ini merupakan Kisi-Kisi Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Terbaru! Tahun 2021
Penulis : Calon Pegawai | Editor : Admin Publisher

Jurnaliskompas.Com | Kisi-Kisi Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Tahun 2021 Terbaru! - Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan setidaknya kurang lebih tersisa beberapa hari lagi seleksi CPNS 2021 akan dibuka di awal bulan Mei hingga Juni 2021 mendatang. Perlunya persiapan yang lebih dini agar banyak waktu dan kesempatan yang dimiliki untuk mencapai keberhasilan. Untuk itu kami hadir memberikan Kisi-Kisi Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) yang dapat dipelajari baik melalui offline file pdf maupun penerapan langsung Tes CAT Secara Online melalui Simulasi CAT BKN atau Simulasi CAT Bank Soal CPNS Tahun 2021.

Berikut ini disampaikan Kisi - Kisi Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Tahun 2021 Terbaru!  untuk persiapan menghadapi Seleksi Tes CPNS 2021.

Soal CAT CPNS Tes Intelejensi Umum (TIU) merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis yang terdiri :

1. Kemampuan verbal, yang meliputi :
  • Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.
  • Silogisme, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan.
  • Analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.
2. Kemampuan numerik, yang meliputi :
  • Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana.
  • Deret angka, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka-angka.
  • Perbandingan kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif,
  • Soal cerita, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.
3. Kemampuan figural, yang meliputi :
  • Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.
  • Ketidaksamaan, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar.
  • Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.
Untuk lebih memantapkan pemahaman terhadap Kisi-Kisi Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Tahun 2021 Terbaru! kami sediakan Soal dan Pembahasan Tes  Inteligensi Umum (TIU) yang dapat digunakan sebagai bahan latihan untuk di terapkan dalam Simulasi CAT Bank Soal CPNS 2021.

Berikut Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Tahun 2021 Terbaru! :

1. 
A. D
B. A
C. E
D. B
E. C

2. Vivian membeli sepatu seharga Rp215.000,00 dalam rangka harbolnas maka ia mendapat diskon 30%. Jika pembelian dilakukan secara online melalui market place dengan ongkos kirim Rp11.000,00 dan pembayaran dilakukan dengan aplikasi pembayaran. Saldo pada aplikasi berbayar ada Rp250.000,00. Setelah transaksi maka sisa saldo pada aplikasi sebanyak?
A. Rp. 75.800
B. Rp. 88.500
C. Rp. 161.500
D. Rp. 61.500
E. Rp. 88.000

3. Tindak tindak korupsi akan ditindak tegas. Sebagian pejabat pemerintah melakukan tindak korupsi. Kesimpulan yang tepat adalah?
A. Tidak dapat ditarik kesimpulan
B. Sebagian pejabat pemerintah tidak akan korupsi
C. Sebagian pejabat pemerintah akan ditindak tegas
D. Ada pejabat yang tidak korupsi tetapi ditindak tegas
E. Semua korupsi adalah pejabat pemerintah

4. Wawancara orang yang mengikuti wawancara mereka adalah F, G, H, I, J, K, L, M dan N mereka diberi urutan wawancara sebagai berikut: Wawancarai sebelum I dan LJ diwawancarai setelah H dan G, serta sebelum FM diwawancarai setelah L Urutan yang mungkin diwawancarai dari yang paling awal adalah?
A. G, F, J, K, L, M, N, I, H
B. M, N, K, H, G, J, L, F, I
C. I, L, F, H, J, K, M, N, G
D. H, G, J, F, I, L, M, N, K
E. H, G, F, J, I, M, N, L, K

5. Angka ketujuh dari sederetan angka adalah 45. Selisih angka pertama adalah 7, demikian pula angka-angka selanjutnya mempunyai selisih 7 dari angka sebelumnya. Berapakah nilai angka yang berada pada urutan keempat?
A. 45
B. 122
C. 50
D. 94
E. 66

Berikut ini file Kunci dan Pembahasan Lengkap Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Tahun 2021 Terbaru! dalam bentuk format pdf yang dapat secara langsung di akses dibawah ini.


Untuk Mendapatkan Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Tahun 2021 Terbaru!  Selengkapnya Dapat di DOWNLOAD GRATIS DISINI !!!

Jika sudah dirasa cukup menguasai materi Kisi-Kisi Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) Silahkan ikuti Tes CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN) DISINI! atau Bank Soal CPNS 2021 DISINI!

Demikian Informasi CPNS terkait Kisi-Kisi Soal Tes Inteligensi Umum (TIU) CPNS Tahun 2021 Terbaru! yang dapat kami bagikan.  Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa ikuti perkembangan website ini untuk mendapatkan Informasi Aktual Berbagi Berita Seputar Pendidikan, Sosial Ekonomi, hingga Teknologi.
Info CPNS SKD CPNS
Admin Publisher
Admin Publisher
Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini