Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Langkah Mudah Cek Daftar Peserta Valid Sebagai Calon Peserta Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021

Berikut ini Merupakan Langkah Mudah yang Dapat dilakukan untuk Cek Daftar Peserta Valid Sebagai Calon Peserta Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021

Penulis : Jurnalis Muda | Editor : Admin Publisher

Jurnaliskompas.com | LANGKAH MUDAH CEK DAFTAR PESERTA VALID SEBAGAI CALON PESERTA PPPK 2021 - Persiapan Pelaksanaan Tes Seleksi PPPK 2021 kini sudah didepan mata para calon peserta yang sebelumnya telah mempersiapkan diri menyambut perihal tersebut kini mulai bertanya-tanya mengenai data yang telah diverifikasi, apakah data tersebut telah valid dan dapat diikutkan dalam proses Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021?.

Informasi Update! : Langkah Mudah Mendapatkan Akun SimPKB Guru Terbaru!

Pada kesempatan sebelumnya para calon peserta seleksi PPPK telah melakukan proses tahapan awal dalam penyelenggaraan Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) melalui proses Verifikasi dan Validasi data Ijazah S1/D4 yang linier terhadap bidang Pendidikan yang di ajarkan calon peserta PPPK, karena itu merupakan salah satu prasyarat awal sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya sesuai petunjuk teknis pelaksanaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Informasi Terbaru! : Kabar Gembira untuk Calon Peserta PPPK 2021. Berikut Informasi Selengkpnya Cek Disini!

Sebelum memastikan proses verifikasi terhadap data kita telah valid pada data Dashboard GTK kemdikbud Republik Indonesia, terlebih dahulu pastikan data hasil verval Ijazah yang telah kita lakukan sebelum tanggal 31 Desember 2020 kemarin saat ini telah selesai di verifikasi oleh Tim verifikasi Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2021 melalui Cek Info GTK.

Kumpulan Materi Tes Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2021  :

  • Contoh Soal Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 Tentang Kompetensi Teknis Guru Terbaru ( Download Disini!)
  • Contoh Soal Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 Tentang Sosial Kultural Terbaru (Dapatkan Disini!)
  • Contoh Soal Tes Seleksi PPPK Tahun 2021 Tentang Kompetensi Manajerial Terbaru ( Download Disini!)

Adapun informasi terbaru terkait rencana pelaksanaan alur pendaftaran Seleksi PPPK di Tahun 2021 meliputi :

  1. Bulan Januari 2021 : Proses Pendaftaran (pastikan data telah diverifikasi dan valid pada dashboard GTK Kemdikbud RI)
  2. Bulan Pebruari 2021: Proses pembekalan materi yang dapat di akses oleh peserta seleksi yang telah valid dalam proses validasi tim panitia PPPK 2021 melalui https://gtk.Kemdikbud.go.id .
  3. Bulan Mei 2021 : Proses Tes Ujian Seleksi PPPK 2021 untuk kategori guru TK, SD, SMP, dan SLB. 
  4. Bulan Juni 2021 : Proses Tes Ujian Seleksi PPPK 2021 untuk kategori guru SMA dan SMK.
  5. Bulan September 2021 : Proses Tes Ujian Seleksi PPPK 2021 untuk kategori kesempatan kedua bagi yang gagal pada Tes Ujian pada tahap pertama.
  6. Bulan Desember 2021 : Proses Tes Ujian Seleksi PPPK 2021 untuk kategori kesempatan ketiga bagi yang gagal pada Tes Ujian pada tahap pertama dan kedua.

Berdasarkan hasil rakor pelaksanaan Seleksi PPPK di Tahun 2021 yang dilakukan pada tanggal 10 hingga 12 Desember 2020 kemarin bahwa agar dapat mengikuti proses seleksi PPPK di Tahun 2021 mendatang yakni data Guru yang bersangkutan tersebut harus telah masuk pada Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Selain itu juga, meskipun telah terdaftar pada Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik), guru tersebut juga harus telah melakukan proses Verifikasi dan Validasi Ijazah GTK (Verval Ijazah GTK) yang berada pada menu info GTK. Proses Verval Ijazah ini saat ini sudah tidak dapat dilakukan karena tahapan ini telah berakhir pada tanggal 31 Desember 2020 kemarin.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Soal Tes Seleksi PPPK Terbaru untuk Persiapan Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021

Berikut ini merupakan tahapan untuk memastikan Daftar Peserta Valid Sebagai Calon Peserta Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021 kami memberikan beberapa Langkah Mudah Cek Daftar Peserta Valid Sebagai Calon Peserta Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021.

LANGKAH MUDAH CEK DAFTAR PESERTA VALID SEBAGAI CALON PESERTA SELEKSI PPPK DI TAHUN 2021

Berikut ini kami berikan beberapa Langkah Mudah Cek Daftar Peserta Valid Sebagai Calon Peserta Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021 melalui Dashboard Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang dapat di akses seluruh guru pada jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA, maupun SMK yang meliputi :

1. Langkah pertama kunjungi laman resmi Dashboard Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) melalui https://dashboardgtk.data.kemdikbud.go.id/ atau  Masuk Disini!

2. Setelah mengunjungi laman resmi Dashboard GTK tersebut lakukan klik pada menu sebaran dan filter data berdasarkan wilayah Provinsi, Kabupaten/Kota, dan juga Jenjang Pendidikan isikan sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah masing-masing baik itu jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA, maupun SMK.


3. Langkah selanjutnya  adalah klik tombol merah bertuliskan “Tampil” dengan begitu akan ditampilkan seluruh data Satuan Pendidikan berdasarkan hasil filter yang dilakukan seperti pada tampilan berikut ini :

4. Langkah terakhir untuk memastikan daftar peserta valid sebagai calon peserta seleksi PPPK di Tahun 2021 klik lihat pada tampilan pada baris kolom Daftar Guru sesuai Daftar Guru pada Satuan Pendidikan yang akan kita lihat seperti tampilan berikut ini:

Data yang akan ditampilkan tersebut merupakan hasil yang di ambil dari database Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik), jika data kita muncul itu artinya data kita telah terekam di database Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI). Dengan begitu data kita telah valid untuk dapat mengikuti Tes Seleksi PPPK yang akan di laksanakan pada Tahun 2021 ini. 

Sebagai catatan penting! bagi sahabat pendidik di seluruh Tanah Air jika seandainya sahabat pendidik masih belum dapat terhubung kelaman resmi Dashboard GTK Kemdikbud itu bukan karena kita salah mengikuti Langkah tahapannya, melainkan karena kemungkinan traffic yang sangat tinggi sehingga mempengaruhi progres kita dalam melakukan akses pada laman tersebut. Selain itu juga, kemungkinan kedua adalah tim pengembang server juga selalu melakukan pemeliharaan secara rutin terhadap laman resmi kemdikbud untuk memberikan pelayanan terbaik demi menjamin kenyamanan pengunjung. Untuk itu lakukan kunjungan pada hari dan waktu yang tepat untuk melakukan Cek Daftar Peserta Valid Sebagai Calon Peserta Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021.

Baca Juga : Syarat Wajib untuk Dapat Lolos Seleksi PPPK Tenaga Guru di Tahun 2021. Simak Selengkapnya Disini!

Demikian beberapa Langkah Mudah Cek Daftar Peserta Valid Sebagai Calon Peserta Tes Seleksi PPPK di Tahun 2021 yang dapat digunakan oleh sahabat pendidik di seluruh Tanah Air Indonesia maupun yang tengah berada di luar Indonesia. Semoga bermanfaat dan jangan lupa sebarkan manfaat jika memang ini sangat perlu di sampaikan kepada rekan sahabat pendidik lainnya yang sangat membutuhkan.

Info PPPK
Admin Publisher
Admin Publisher
Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini