Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Langkah Mudah Mutasi PTK Melalui Dashboard Dapodik Versi 2021 Terbaru

Berikut ini di informasikan langkah mudah untuk melakukan mutasi PTK pada Dapodik versi 2021 terbaru

Penulis : Misran, S.Pd | Editor : Admin Publisher

Jurnaliskompas.com | LANGKAH MUDAH MUTASI PTK MELALUI DASHBOAR DAPODIK VERSI 2021 TERBARU - Dalam proses pendataan pada lembaga satuan pendidikan dimulai dari jenjang TK/PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK kita mengenal istilah mutasi atau perpindahan data individual baik itu data peserta didik maupun data guru dan tenaga kependidikan yang berada pada lembaga satuan pendidikan tersebut.

Pada Tahun Pelajaran terbaru 2020/2021 telah dirilis aplikasi terbaru untuk proses pendataan pendidikan atau yang dikenal dengan sebutan DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) dengan versi 2021 terbaru. Berhubung aplikasi ini masih terhitung baru, maka dari itu disini admin akan memberikan informasi terbaru terkait LANGKAH MUDAH MUTASI PTK MELALUI DASHBOAR DAPODIK VERSI 2021 TERBARU karena untuk pelaksanaan mutasi PTK pada versi terbaru kali ini terdapat perbedaan pada tampilannya dengan versi terdahulu.

Adapun LANGKAH MUDAH MUTASI PTK MELALUI DASHBOARD DAPODIK VERSI 2021 TERBARU langkah mudah mutasi PTK melalui dashboard Dapodik Versi 2021 terbaru ini dapat dilakukan dengan tidak begitu membutuhkan waktu yang terlalu lama karena sangat mudah dipahami dan dilakukan oleh operator baik operator lama maupun yang baru di angkat menjadi Operator Dapodik Sekolah. Untuk itu sahabat operator sekolah tidak perlu cemas dalam melakukan mutasi PTK pada Dapodik Versi 2021 terbaru.

Berikut ini LANGKAH MUDAH MUTASI PTK MELALUI DASHBOARD DAPODIK VERSI 2021 TERBARU yang dapat sahabat operator lakukan.

1. Pertama kunjungi link resmi DAPODIK melalui https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ .

2. Klik tulisan login menggunakan SSO pada autentikasi pengguna Dapodik seperti pada gambar berikut ini.

3. Selanjutnya masukan user dan pasword untuk login menggunakan akun Dapodik Sekolah yang dimiliki.

4. Setelah proses login berhasil kita akan di hadapkan dengan tampilan beranda Dapodik

5. Langkah berikutnya  pilih menu Aplikasi dan klik menu yang bertuliskan Aplikasi tersebut.

6.  Berikutnya terdapat menu PD Baru, Mutasi, dan PTK. Untuk itu lakukan klik pada menu PTK maka akan muncul Penugasan PTK.

7. Lakukan pengisian sesuai data yang diperlukan seperti NIK PTK yang bersangkutan dan lakukan pencarian pada tombol "CARI".

8. Jika kita sudah menemukan data PTK tersebut maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah simpan data PTK tersebut dengan mengklik tombol Simpan.

9. Hubungi Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat sesuai lokasi Satuan Pendidikan terkait.

10. Lakukan konfirmasi verifikasi bahwa kita telah melakukan mutasi data PTK baru ke Dapodik Sekolah yang kita miliki.

11. Langkah terakhir yakni melakukan singkronisasi Dapodik versi 2021 terbaru setelah terverifikasi oleh Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

Setelah beberapa LANGKAH MUDAH MUTASI PTK MELALUI DASHBOR DAPODIK VERSI 2021 TERBARU tersebut dilakukan dengan baik pastinya sahabat Operator Dapodik Sekolah tidak akan mengalami permasalahan dengan catatan lakukan penarikan data mutasi PTK pada waktu pagi hari antara pukul 06.00 WITA s.d pukul 07.30 WITA, karena pada dasarnya gagalnya proses mutasi data PTK atau tidak dapat terhubung ke dashboard Dapodik versi 2021 terbaru itu dikarenakan traffic server yang sedang banyak dikunjungi diluar waktu tersebut bukan karena jaringan yang kita gunakan tidak berkualitas akan tetapi itu semua karena disebabkan oleh server pusat DAPODIK.

Demikian informasi penting terkait LANGKAH MUDAH MUTASI PTK MELALUI DASHBOARD DAPODIK VERSI 2021 TERBARU agar dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh sahabat operator Dapodik Sekolah diseluruh nusantara Indonesia.

Dunia Pendidikan Info Pendidikan
Admin Publisher
Admin Publisher
Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini