Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Tidak Lulus Kartu Prakerja Inilah Penyebab utama dan Solusinya yang Wajib Diketahui

Penyebab dan solusi yang dapat dilakukan dalam mengantisipasi kegagalan program kartu prakerja terbaru.
Penulis : Calon Pekerja | Editor : Admin

Penyebab utama kegagalan program kartu prakerja 2020

Jurnaliskompas.com | TIDAK LULUS KARTU PRAKERJA INILAH PENYEBAB UTAMA DAN SOLUSINYA YANG WAJIB DIKETAHUI - Program kartu prakerja sampai saat ini terus berjalan mulai proses seleksi hingga penyaluran insentif dana bagi peserta yang telah melaksanakan pelatihan secara online. Sejak 11 April hingga 30 April 2020 yang lalu sudah terdata sekitar kurang lebih 8 juta orang yang telah mendaftar kartu prakerja. Akan tetapi tidak sedikit yang mengalami kegagalan demi kegagalan yang belum jelas titik permasalahannya. Kini banyak yang mempertanyakan sebab musababnya mengapa sampai gelombang ke 3 ini masih tidak lulus dalam seleksi pemerolehan kartu prakerja? Bagaimana solusinya agar dapat menyelesaikan permasalahan kegagalan yang di alami banyak orang ini.

Permasalahan kegagalan yang terjadi bukan tidak beralasan, semua itu terjadi karena memang pada dasarnya panitia seleksi program kartu prakerja melakukan seleksi dengan evaluasi pelaksanaan yang ketat dan tepat untuk menghindari beberapa hal yang tidak di inginkan. Evaluasi seleksi dilakukan dari setiap gelombang dimulai pada gelombang pertama hingga gelombang ketiga yang dilakulan akhir bulan April kemaren. Dari hasil evaluasi seleksi tersebut banyak terdapat peserta yang mengalami kegagalan karena kesalahan yang terbilang sepele namun sangat fatal akibatnya dalam proses kelulusan seleksi. Kesalahan yang paling umum dan banyak dilakukan oleh beberapa peserta yang gagal yakni sebagai berikut.
  1. Foto yang di upload tidak sesuai dengan foto yang tertera di e-KTP peserta. Sehingga foto tidak dikenali oleh sistem yang mengakibatkan kegagalan terus menerus dalam evaluasi pelaksanaan gelombang 1 hingga gelombang ke 3.
  2. Kualitas foto yang terlalu terang dan terlalu gelap sehingga mengakibatkan sistem tiadak dapat mengenali.
  3. Berfoto tidak menghadap kamera dengan baik sehingga sistem sulit mengenali wajah peserta.
  4. Berfoto menggunakan kacamata merupakan peraturan yang sudah diterapkan agar sistem mudah mendeteksi wajah peserta dengan benar.
  5. Dan befoto menggunakan penutup kepala seperti topi dan asesoris lainnya tidak termasuk jilbab ini juga merupakan salah satu penyebab sulitnya server mendeteksi yang mengakibatkan kegagalan permanen sehingga bagaimanapun kita mengikuti gelombang yang tersedia maka hasilnya akan tetap sama. Kita hanya akan mendapatkan hasil gagal dan kegagalan.
  6. Gunakan latar belakang atau background foto polos sehingga foto akan tampak mudah dideteksi server.
Dari berbagai kesalahan inilah yang dapat menghambat jalannya proses keberhasilan para peserta program kartu prakerja sehingga yang didapat hanyalah kegagalan.
Solusi kegagalan program kartu prakerja 2020

Adapun solusi yang harus dilakukan agar kita terhindar dari kegagalan tersebut hal yang harus kita laksanakan adalah :
  1. Membaca secara teliti pedoman proses seleksi program kartu prakerja sebelum memutuskan mendaftar akun dan melengkapi data pribadi menggunakan e-KTP dan nomor handphone.
  2. Gunakan foto original tanpa dilakukan editing foto saat upload foto yang diperlukan dengan ukuran maksimal 2Mb.
  3. Perhatikan saat mengambil foto swafoto diri supaya posisi badan lurus dan pastikan pencahayaan tidak terlalu terang dan juga tidak gelap serta wajah tidak tertutup.
  4. Pastikan nomor NIK KTP dan NIK yang kita gunakan di mitra pembayaran sama agar tidak mendatangkan permasalahan baru ketika sudah dinyatakan lulus.
Demikian beberapa penyebab yang mengakibatkan banyaknya peserta program kartu prakerja mengalami kegagalan dan beberapa solusi yang dapat dilakukan calon peserta program kartu prakerja sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi pemerolehan kartu prakerja. Share artikel ini kepada rekan yang memerlukan informasi penting ini agar kita dapat membantu mengurangi tingginya tingkat kegagalan yang di alami oleh peserta dalam proses pemerolehan kartu prakerja.
Info Kartu Prakerja Teknologi Masa Kini
Admin
Admin
Media Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini