Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Selama Karantina Isolasi Covid-19 secara Mandiri di Rumah

Aktivitas terbaik yang dapat dilakukan oleh setiap warga masyarakat dalam menjalankan proses karantina Isolasi covid-19 secara mandiri dirumah.

Aktivitas warga belanja buah-buahan dan sayuran yang memiliki masa penyimpanan tahan lama untuk penggunaan jangka lama

Jurnaliskompas.com | CARA TERBAIK UNTUK MENJAGA KESEHATAN SELAMA KARANTINA ISOLASI COVID-19 SECARA MANDIRI DI RUMAH - Melakukan proses isolasi covid-19 secara mandiri dirumah tidak berarti kita hanya melakukan aktivitas diam tanpa melakukan sesuatu hal yang bermanfaat dirumah. Hal bermanfaat yang dapat kita lakukan adalah melaksanakan pola makanan yang menyehatkan. Perihal ini bukan merupakan sesuatu hal mudah untuk sebagian orang. Mudah atau tidaknya melakukan hal tersebut tergantung dari sudut pandang seseorang yang terkadang memikirkan kesulitan yang dirasakan untuk mendapatkan makanan sehat dan juga tidak memiliki pemahaman bagus mengenai makanan sehat.

Perlu kita ketahui bahwa sangat banyak sekali jenis makanan menyehatkan yang mudah kita dapatkan. Salah satu makanan yang menyehatkan yang mudah didapat yakni buah-buahan. Dalam kehidupan sehari-hari buah sangat baik dikonsumsi sekiranya 2 hingga 3 jenis buah bagus dikonsumsi setiap harinya. Beberapa jenis buah yang mudah kita jumpai tersebut seperti buah pisang matang, buah jeruk, buah apel, buah alpukat, hingga buah nanas muda atau tua yang belum masuk masa kematangan ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu kita juga dapat mengonsumsi buah mangga dan melon dalam waktu singkat dengan menghaluskan buah magga atau melon dan bekukan sehingga lebih segar ketika dikonsumsi. Buah yang di bekukan atau di dinginkan di lemari es lebih baik ketimbang buah yang kita dapatkan dari buah yang dikemas dalam bentuk kaleng seperti jus buah. Pada saat memastikan untuk memilih buah segar dari pada buah yang dikemas menjadi jus kita akan mendapatkan serat dan nutrisi yang banyak sehingga kalori yang di hasilkan akan jauh lebih sedikit.

Berikut kami informasikan beberapa jenis makanan yang menyehatkan dan yang harus dihindari selain buah-buahan segar dan juga tentu mudah didapatkan.

1. Sayuran
Seperti halnya buah-buahan, peranan sayuran juga sangat penting dan jumlah yang diperlukan dalam satu harinya juga setidaknya 2 sampai 3 jenis sayuran segar untuk dapat disimpan dalam waktu relatif lama yang baik kita konsumsi. Jenis sayuran tersebut seperti kubis, ketang, paprika, terong, kacang panjang, dan labu. Untuk sayuran yang bagus gunakan adalah sayuran hijau untuk di olah sebagai sajian cepat untuk rasa dan nutrisi yang banyak.

2. Protein
Utamakan mengusumsi protein segar tanpa lemak berlebih seperti ayam, daging tanpa lemak, dan ikan putih yang dapat dikonsumsi dengan proses memasaknya dibakar, di tumis, kukus, atau panggang. Selain beberapa macam sumber protein tersebut terdapat juga sumber protein yang dhasilkan dari kacang-kacangan, biji-bijian, hingga kedelai yang di olah mejadi tahu.

3. Karohidrat
Untuk jenis makanan yang satu ini merupakan makanan yang tidak asing lagi bagi warga masyarakat Indonesia yakni nasi. Nasi adalah jenis makanan pokok yang biasa kita makan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat oleh tubuh. Selain nasi, sumber karbohidrat juga dapat diperoleh dari jagung dan mie. Akan tetapi kebutuhan karbohidrat yang baik dikonsumsi terdapat pada beras meras, beras hitam, roti gandum, pasta gandum utuh. Selain beberapa sumber karbohidrat tersebut juga terdapat sumber karbohidrat yang mudah didapatkan juga dapat kita tanam di pekarangan rumah seperti kentang, ubi jalar, dan singkong.

4. Susu
Pada saat kita menjalankan proses karantina dengan isolasi mandiri dirumah gunakanlah susu segar yang di buat dari olahan yang steril, susu bebas laktosa dan juga dapat menggunakan susu bubuk karena dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Kita juga dapat memilih yoghurt yang bisa dibekukan untuk digunakan dalam waktu hingga berminggu-minggu.

5. Lemak 
Hindari asupan lemak berlebih dari minyak sayur ataupun kacang untuk setiap per takaran sajian. Perihal yang sangat baik untuk dikonsumsi yakni dengan melakukan proses pemanggangan, rebus, kukus, atau bakar untuk menghindari konsumsi lemak berlebih. Jika keadaan memaksakan kita untuk menggoreng bahan makanan maka kita dapat menggunakan wajan anti lengket serta tiriskan makan tersebut di atas tisu kering untuk penyerapan kelebihan lemak yang dihasilkan.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk aktivitas karantina dirumah yang bermanfaat saat kita melakukan isolasi mandiri dari covid-19 bersama keluarga.

Info Covid-19 Kehidupan Sosial
Admin
Admin
Media Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini