Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Menjawab Tantangan Krisis Ekonomi Melalui Manajemen Keuangan Rumah Tangga bersama Kartu Prakerja

Menjawab tantangan krisis ekonomi dengan mengatur manajemen keuangan rumah tangga bersama kartu prakerja.
Penulis : CS Prakerja | Editor : Admin


Jurnaliskompas.com | MENJAWAB TANTANGAN KRISIS EKONOMI MELALUI MANAJEMEN KEUANGAN RUMAH TANGGA BERSAMA KARTU PRAKERJA - Berbicara mengenai ekonomi hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita adalah uang. Bagaimana uang itu kita dapatkan? Dengan cara apa saja kita bisa mendapatkan uang? Sejauh mana usaha yang kita lakukan untuk memperoleh kegiatan atau pekerjaan yang menghasilkan uang? Dan yang paling terpenting bagaimana kita mengelola uang tersebut agar penghasilan yang kita dapat mampu mengatasi permasalahan ekonomi yang saat ini sangat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat?. Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut kami memberikan artikel ini agar dapat dijadikan sebagai referensi dalam mempersiapkan diri menjawab tantangan perekonomian yang cukup sulit dirasakan dan enggan diterima oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Perekonomian masyarakat kalangan  menengah ke bawah saat ini tengah mengalami masa penurunan  yang signifikan. Meningkatnya harga barang kebutuhan mengakibatkan menurunnya daya beli yang dilakukan oleh masyarakat sehingga permintaan barang oleh pasar juga menurun. Mengapa demikian? Semua itu terjadi secara alami dikarenakan oleh musibah wabah Corona Virus Disease (Covid-19) yang memaksakan warga masyarakat harus tetap berada di rumah saja (stay at home) baik itu belajar dirumah maupun bekerja juga dihimbau agar dapat melaksanakan pekerjaan dari rumah (work from home). Warga masyarakat dapat keluar rumah hanya untuk keperluan membeli bahan makanan juga perluan obat-obatan serta untuk kegiatan yang sangat urgen  dalam pemenuhan kebutuhan kehidupan sosial keluarga. 

Work from home hanya dapat dilaksanakan oleh pekerja kantoran dan pekerjaan lainnya yang dapat dilakukan secara online atau dalam mode daring. Berbeda dengan pekerjaan pedagang-pedagang kaki lima yang biasanya berjualan menggunakan kendaraan roda dua juga pekerja seperti tukang ojek baik ojek biasa hingga ojek online dan supir angkutan umum juga supir taksi. Dari beberapa pekerjaan ini hanya dapat dilakukan diluar rumah yang memaksakan mereka tetap melangkahkan kaki untuk tetap keluar rumah demi manafkahi keluarga.
Selain beberapa usaha yang sudah dilakukan dengan sepenuh hati demi  keluarga, kita juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan rumah tangga. Bagaimana pengelolaan keuangan yang baik agar tidak terjadi "besar pasak daripada tiang" yakni besar pengeluaran dari pada pemasukan. 

Berikut ini kami berikan solusi keuangan rumah tangga yang baik agar dapat menghadapi krisis ekonomi yang saat ini terjadi di Indonesia :
  1. Hal pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah perbaiki pola perekonomian rumah tangga dengan memilah antara kebutuhan dengan keinginan.
  2. Jangan pernah menggabung bahkan menyamakan persepsi bahwa kebutuhan dan keinginan sesuatu hal yang sama.
  3. Utamakan kebutuhan dibandingkan keinginan.
  4. Gunakan uang penghasilan untuk keperluan kebutuhan primer seperti bahan sadang pangan dan kesamping dahulu kebutuhan sekunder seperti pakaian dan lainnya, karena kebutuhan sekunder ini masih bisa tidak dilakukan.
  5. Manfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang dapat menambah penghasilan diluar dari gaji pekerjaan.
Dari beberapa solusi yang telah kami sampaikan ada satu lagi yang perlu dilakukan dalam menghadapi tantangan ekonomi disaat pandemi, yakni mengikuti program kartu prakerja yang dapat di akses melalui www.prakerja.go.id. Dengan mengikuti program ini anda akan mendapatkan dana bantuan yang diperuntukan untuk kegiatan pelatihan menambah skill juga keterampilan. Selain itu kita juga akan diberikan insentif dalam setiap bulannya selama program ini berlangsung. Disamping itu juga dengan skill dan keterampilan yang dimiliki, kita akan dapat bersaing dalam dunia kerja juga dapat digunakan sebagai keterampilan membuka usaha sendiri sebagai bekal untuk menambah penghasilan keuangan rumah tangga sehingga sebesar apapun tantangan ekonomi yang dihadapi saat ini maupun masa mendatang, anda tidak perlu khawatir lagi mengenai hal tersebut.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan dalam kesempatan ini semoga bermanfaat dan share informasi ini kepada rekan juga sahabat yang membutuhkan agar kita semua menjadi bermanfaat untuk terdekat juga orang lain.
Info Kartu Prakerja Sosial Ekonomi
Admin
Admin
Media Jurnalis
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tulis komentar dengan sopan yang bersifat membangun website ini